Sunday, 3 February 2013

Rekomendasi 10 Aplikasi Foto Selain Instagram (dan Mengapa Anda Harus Menginstalnya)


Sejak mencuatnya popularitas Instagram, disadari atau tidak aktivitas foto-memfoto menggunakan iPhone, atau istilah beken-nya “iPhoneography” telah menjadi bagian tak terpisahkan dari para pengguna iPhone di Indonesia dan seluruh dunia.



iPhoneography (MacTrast)

Banyak dari Anda mungkin menyanggah pernyataan di atas dan berkata dalam hati, “Ah, saya bukan penggemar fotografi kok. Saya bahkan tidak menginstal aplikasi photo-editing apa pun di iPhone saya.”

Ini wajar dan sah-sah saja.

Namun bisa saja Anda lupa bahwa di beberapa kesempatan, Anda pernah menemukan pemandangan/kejadian menarik di depan mata Anda lalu secara spontan mengabadikannya dan segera mengunggahnya, entah melalui Facebook, Twitter maupun Path dengan terlebih dahulu menambah kesan dramatis melalui berbagai “filter” yang tersedia.

Ya, itu juga termasuk iPhoneography.

Bahkan saat hendak memvisualisasikan pemandangan kurang mengenakkan di tengah situasi genting (misalnya saat kehujanan, kena macet, bahkan kebanjiran) banyak dari pengguna iPhone masih sempat memilih filter mana yang paling cocok.

statigr.am/tag/banjir

Mungkin Anda pernah melakukannya tanpa sadar karena sudah terbiasa melihat foto-foto postingan teman-teman social media Anda yang kadang terlihat seperti foto jamuran atau terbakar, namun (lagi-lagi tanpa sadar) terlihat lebih menarik di mata Anda.

Jadi, jika Anda adalah seorang pengguna iPhone dan berpikir bahwa iPhoneography sama sekali bukanlah bagian dari gaya hidup Anda, mungkin Anda perlu memeriksa isi Camera Roll dan sedikit melakukan kilas balik. :)

*****

Fenomena iPhoneography ini semakin menguat seiring menjamurnya aktivasi-aktivasi digital dari beberapa brand lokal yang berformat kompetisi foto dan mewajibkan para pemburu hadiah untuk mengolah foto hanya dengan menggunakan smartphone mereka untuk kemudian mengunggahnya ke Instagram atau pun kanal social media lainnya. Hadiah yang ditawarkan pun, biasanya benar-benar menggiurkan.


Jika suatu hari Anda ingin ikut serta berburu hadiah melalui kompetisi foto sejenis, maka sudah barang tentu Anda perlu “amunisi” mumpuni berupa aplikasi-aplikasi photo-editing yang lengkap dan selalu siap sedia untuk secara drastis meningkatkan efek dramatis dari foto Anda, di mana saja.

Beruntung, para developer aplikasi masa kini telah menguasai teknologi sedemikian canggihnya hingga hampir semua fitur photo-editing tingkat lanjut yang dulunya hanya bisa dilakukan dengan bantuan Photoshop plus komputer desktop, kini dapat dilakukan oleh siapa pun hanya dengan menyapukan jarinya di atas layar ponsel.

Inilah era mobile photo-editing, dan ini rekomendasi 10 aplikasi foto dari kami untuk iPhone Anda:

Aplikasi foto dengan user interface paling intuitif yang pernah kami temukan. Fiturnya luar biasa lengkap dengan cara penggunaan yang begitu sederhana hingga layak disebut brilian. Dibuat oleh Nik Software dan menjadi gratis semenjak diakuisisi oleh Google.

Satu lagi aplikasi foto besutan Autodesk Inc. setelah sukses dengan Pixlr-o-matic. Pixlr Express adalah versi lebih lengkap dari pendahulunya. Susunan menu yang efisien membuat photo-editing menjadi semudah membalikkan telapak tangan.

Sulit rasanya menghasilkan foto yang benar-benar tajam dengan iPhone tanpa bantuan fitur “Clarity” dari aplikasi ini. Memiliki pilihan scene mode dan filter yang memanjakan mata serta fitur “caption” yang terintegrasi dengan bingkai.

Salah satu aplikasi foto panorama paling mudah dan menyenangkan yang dapat menghasilkan foto memanjang horizontal maupun vertikal. Teknologi “jahit foto” yang begitu halus dari Microsoft membuat siapa saja dapat menciptakan sebuah photosphere 360 derajat cukup dengan dua kali menyentuh layar.

Perlu menghilangkan obyek yang tak diinginkan dari foto Anda? Jangankan hanya jerawat atau tahi lalat; tiang listrik, sendal jepit hingga sepeda motor lewat yang mengganggu keindahan foto Anda dapat dengan mudah dihilangkan tanpa merusak foto aslinya. Bekerja seperti fitur “content-aware fill” pada Photoshop, hanya saja tidak mengharuskan Anda tahu apa pun tentang menggunakan Photoshop.

Aplikasi paling populer bagi para pengguna iPhone yang terobsesi dengan gaya foto analog. Pilihan camera case, rol film, lampu flash dan lensanya sangat bervariasi dan siap memanjakan mata. Tampilan Hipstamatic saat digunakan begitu cantik, membuat siapa pun betah untuk berlama-lama mengeksplorasinya.

AfterFocus menghadirkan sensasi fotografi profesional ke dalam iPhone Anda. Dengan aplikasi ini Anda dapat dengan mudah mengatur area blur dan memilih obyek mana yang hendak dijadikan fokus setelah mengambil foto. Seperti memiliki kamera DSLR yang muat di kantong!

Aplikasi photobox dari para kreator Hipstamatic. Cara kerjanya mengimitasi photobox sungguhan dengan beberapa pilihan booth yang akan memberikan sentuhan artistik melalui 4 jepretan dalam satu sesi. Dijamin senyum Anda akan tersungging saat melihat hasilnya.

Jika aplikasi HDR biasanya membuat foto Anda nampak gosong atau ter-laminating, maka tidak dengan yang satu ini. Begitu banyak pilihan pengaturan membuat Anda dapat memilih seberapa kuat efek HDR ingin ditampilkan dan menghasilkan dramatisasi yang proporsional.

Ingin menampilkan 4 foto yang berbeda-beda dalam satu frame? Mengapa tidak sekalian 9? Aplikasi ini bisa melakukannya! Jelajahi 71 pilihan frame yang dapat Anda modifikasi sesuka hati dan aplikasikan warna dan pattern sesuai selera pada bingkainya untuk menciptakan foto yang seolah bercerita.